BUMDes Diharapkan Dongkrak Perekonomian Desa

0
218

SUMBER, (CNC).-  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (DPMD) Kabupaten Cirebon menargetkan di tahun 2017 semua desa memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). DPMD pun telah mengkomunasikan terkait BUMDes dengan 412 desa.

Hingga saat ini baru 124 desa yang telah memiliki BUMDes.  Sisanya masih dalam tahap proses dan diharapkan tahun ini bisa beres.

Hal itu diungkapkan Sekretaris DPMD Kabupaten Cirebon, Made Casta. Menurutnya pemerintah daerah menginginkan tahun ini semua desa sudah memiliki BUMDes. Untuk itu, sebelum penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja desa (RAPBDes) diharapkan semua desa sudah punya BUMDes.

“Alhamdulillah kaitan dengan hal itu, kami sudah komunikasi dengan desa-desa yang belum memiliki BUMDes. Desa yang belum punya kita bina dan dorong agar segera membentuknya,” ucap dia, Kamis (16/3).

DPMD pun, telah melakukan rapat kordinasi dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon. Rapat tersebut membahas persiapan dalam perencanaan BUMDes. Menurutnya pembentukan BUMDes telah diamanatkan dalam aturan, seperti terdapat dalam Permendes nomor 4 tahun 2015 terkait dalam pendirian dan pengelolaan Bumdes, dan juga perda nomor 9 tahun 2010 terkait dengan Bumdes.

“Komisi I selalu menanyakan kesiapan DPMD kaitan pembentukan BUMDes. Dan untuk desa yang sudah memiliki BUMDes ada yang sudah masuk dalam kategori bagus. Artinya bisa memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Cirebon,” paparnya.

Dikatakannya, salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan, desa harus memiliki BUMDes. Karena kedepannya selain akan menjadi pemasukan buat desa juga dapat memberi pemasukan buat daerah.

“BUMDes itu salah satu upaya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat didesa. Tetapi harus dikelola dengan baik dan professional,” katanya. (Enon/CNC)

Komentar Anda

komentar

BAGIKAN