HUT RI ke-70, Desa Karangwangi Gelar Lomba Gapura

0
1644

DEPOK, (CNC).- Dalam rangka memperingati hari kemerdekan RI yang ke 70, Pemerintah Desa Karangwangi, Kec. Depok, Kab. Cirebon menggelar beberapa kegiatan perlombaan yang dilaksanakan oleh karang taruna setempat.

Kepala Desa (Kuwu) Desa Karangwangi, Kaeron mengatakan, beberapa perlombaan yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke 70 tahun 2015 ini diantaranya adalah perlombaan bola voly, bulutangkis, catur, perlombaan membuat gapura dan beberapa perlomaan lainnya yang menjadi ciri khas 17 Agustusan.

“Liding sektor untuk kegiatan ini adalah karang taruna dari Desa Karangwangi, dan kami sudah melakukan kordinasi dengan lembaga Desa terkait pelaksanaan perlombaan tersebut, untuk perlombaan seperti bulutangis dan tenis meja pelaksanannya sudah dimulai, dan kami juga sengaja melaksanakan lomba pembuatan gapura untuk setiap Rt/Rw yang ada di Desa Karangwangi ini,” ujarnya saat dikonfiramsi di ruang kerjanya, Selasa (11/8)

Dikatakan Kaeron, lomba pembuatan gapura yang dilakukan pihaknya ini sengaja dilaksanakan dalam rangka untuk kembali menumbuhkan kebersamaan antar warga, karena menurutnya pada jaman sekarang ini, warga cenderung lebih mementingkan individunya masing-masing.

“Lombo membuat gapura ini sengaja kami adakan, karena ciri khas dari acara 17 an ini adalah gapura, dan sekarang pembuatan gapura sendiri sudah mulai jarang dilakukan oleh orang-orang, tidak seperti waktu saja masih muda yang mempunyai semangat yang tinggi untuk membuat gapura 17 an, untuk itu kami mencoba untuk menyatukan kembali masyarakat kami dengan kegiatan perlombaan 17 an ini,” katanya.

Selain mengadakan beberapa perlombaan tersebut, dikatakan Kaeron, pihaknya juga mengadakan acara doa dan tahlil bersama yang dilaksanakan pada malam 17 Agustus mendatang, kegiatan doa dan tahlil bersama ini dilakukan dalam rangka mensyukuri nikmat yang telah diberikan tuhan kepada warga Karangwangi yakni nikmat kemerdekaan.

“Pada acara doa dan tahlil bersama ini, kami dari pemerintah Desa mewajibkan kepada setiap pengurus Rt/Rw untuk membawa sesaji berupa nasi tumpeng, ini dilakukan sebagai ciri kita melakukan syukur atas nikmat yang telah diterima oleh warga, dan nantinya tumpeng ini juga akan dimakan bersama-sama oleh seluruh warga Desa Karangwangi itu sendiri,” tandasnya.

Ditambahkan Kaeron, dengan perayaan hari kemedekaan RI yang ke 70 ini diharapkan seluruh masyarakat Desa Karangwangi bisa mengambil hikmah dari pelaksanaan nya, dan dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan serta kebersamaan sehingga bisa membentuk masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. (Adk/CNC)

Komentar Anda

komentar

BAGIKAN