Nelayan Karangbulu Gelar Ruwatan Laut

1
908

GEBANG, (CNC).- Pesta tahunan para nelayan atau nadran, Minggu (14/8) bagi nelayan di Blok Karangbulu Desa Gebangmekar Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon memiliki nilai sosial tersendiri, sehingga para nelayan memilih untuk meliburkan diri mencari ikan. Perahu mereka sementara diperuntukkan para tamu dari luar daerah Gebang berlayar ke tengah laut sambil menyaksikan larung saji ditengah laut yang merupakan acara inti ritual nadran.

Tokoh nelayan setempat Edy Syamsuri mengatakan, upacara tradisional dan ritual ruwatan laut Nadranan dilaksanakan secara rutin setiap tahun sebagai wujud rasa syukur para nelayan Gebang khususnya Blok Karangbulu Desa Gebangmekar atas keselamatan dan limpahan rejeki selama melaut serta merupakan bentuk upaya pelestarian adat dan budaya asli Cirebon yang diberikan oleh Tuhan selama ini.

“Hari ini dilakukan larung saji, setelah Sabtu kemarin (13/8) perahu pembawa larung saji untuk ritual rueatan diarak keliling kampung,” terangnya.

Menurutnya, acara nadran merupakan salah satu kekayaan kebudayaan di Kabupaten Cirebon yang harus dihormati dan dilestarikan. Bagi para nelayan meski ada atau tidak adnya bentuk perhatian dari pemerintah Kabupaten Cirebon dalam melestarikan nilai budaya tersebut, para nelayan secara mandiri tetap melaksanakan acara tersebut. Sudah menjadi tradisi dan keharusan tersendiri bagi para nelayan, sehingga mereka tidak terpengaruh suport dari luar, mau ada atau tidak ada mereka pasti melaksnakan sebagai tradisi mereka,” jelas Edy.

Ditambahkan Edy, ada nilai sosial yang mereka tunjukkan dibalik acara nadran tersebut, dimana kita tahu para nelayan sengaja tidak melaut hanya untuk melayanio para tamu yang kebanyakan mereka berdatangan dari daerah pegunungan yang memang jarang sekali menaiki perahu, para nelayan memberikan kebebasan kepada para pengunjung untuk menaiki perahu untuk melihat ruwatan layung saji di tengah laut.

“Para nelayan sudah memiliki niat untuk memberikan pelayanan kepada para tamu secara bebas, bisa dibayangkan ketika mereka juga katakan uang solar kepada panitia, berapa nggaran yang dikleuarkan panitia nadran dalam setiap menggelar event tersebut,” terang Edy.

Lebih lanjut Edy berharap, paska pesta laut ini kedepan para nelayan akan selalu diberi keselamatan dan kesehatan selama melaut, selalu dimudahkan jalan dalam mencari ikan dilaut dengan semakin banyak hasil tangkapannya sehingga kehidupan nelayan semakin sejahtera.

“Kami semua berharap paska pesta laut mereka akan selalu diberi kesehatan dan keselamatan serta kelancaran selama melaut dan dapat memperoleh hasil tangkapan yang lebih banyak, sehingga dengan itu nelayan terangkat kesejahteraannya,” pungkas Edy. (Wawi/CNC)

Komentar Anda

komentar

BAGIKAN