Pemdes Pekantingan Komitmen Teruskan Tradisi

0
621

PEMERINTAH DESA Pekantingan, Kec. Klangenan, Kab. Cirebon, terus berkomitmen untuk melestarikan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang, salah satunya adalah tradisi peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW atau yang lebih dikenal dengan istilah Muludan.

Beberapa kegiatan turut mewarnai peringatan Muludan di Desa Pekantingan, saperti, turnamen sepak bola, bola voly, arak-arakan budaya dan pelal dilaksanakan dengan baik guna memeriahkan ajang tahunan ini.

Sebelum prosesi pelal yang sangat sakral dilakukan oleh warga Desa Pekantingan ini dilakukan, sebelumnya dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya pengajian umum yang dilaksanan pada Minggu (11/12) malam, setelah pelaksanaan pengajian umum baru ke esokan harinya dilaksanakan kegiatan arak-arakan budaya yang melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa tersebut. Ratusan kelompok masyarakat beramai-ramai membuat sajian seperti replica binatang, tumbuhan bahkan sampai ke tokoh flim laha seperti transformers. Arak arakan budaya sendiri mengelilingi beberapa Desa tetangga dari Desa Pekantingan, seperti Desa Bojaong Kidul, Bojong Lor, Bangau Dua, Jemaras Lor dan Jemaras Kidul.

Pada malam harinya, Senin (12/12) baru dilaksanakan kegiatan sakral yakni pelalan sebagai puncak dari kegitan muludan yang dilaksanakan di Desa Pekantingan. Prosesi pelalan diawali dengan sholat isya berjamaah yang dilaksanakan di Masjid Kramat Pekantingan. Setelah selesai sholat Isya berjamaah, kemudian Kuwu Pekantingan dan pemangku adat setempat beserta masyarakat melaksanakan proses doa bersama di depan makbaroh dari buyut Pekantingan, setelah itu kuwu dan juga pemangku adat setempat membawa beberapa benda yang dikramatkan untuk dimandikan ke balai malang yang letaknya tidak jauh dari makbaroh setelah dimandikan benda yang dikramatkan itu kemudian dikembalikan di tempat semula.

Ribuan masyarakat yang hadir dalam acara pelalan ini beramai-ramai berebut air bekas memandikan barang yang dikramatkan tersebut dengan maksud mendapat berkah dari tuhan yang maha esa untuk kehidupan yang lebih baik.

“Alhamdulilah, acara muludan kali ini berjalan dengan lancar, dan kedepan kami akan terus menjalankan tradisi ini,” ujar Kuwu Desa Pekantingan, Didi Junaedi.

Didi juga mengatakan, dengan kegiatan Muludan ini, diharapkan, masyarakat bisa memaknainya dengan baik, sehingga kesejahtraan masyarakat juga akan terlaksana dengan sebaik-baiknya. (Adk/CNC)

Komentar Anda

komentar

BAGIKAN