Rani, Penderita Paru-Paru Basah Dapat Bantuan dari Humas Polres Cirebon dan Jurnalis

0
387

TERIK MATAHARI tak menyurutkan rombongan Jurnalis Cirebon dan jajaran Humas Polres Cirebon untuk bersillaturahmi ke kediaman Rani (14) di Blok Kesambi, Desa Getasan, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon. Sillaturahmi ini, sekaligus ingin menyerahkan kursi roda dan buku-buku bacaan yang diinginkan Rani selama ini.

Rani merupakan siswi SMPN 1 Depok yang berhenti sekolah sejak empat bulan lalu dikarenakan menderita penyakit paru-paru yang mengakibatkan  tubuh bagian kanan tidak bisa bergerak normal, bahkan kini Rani yang telah ditinggal sang ibu sejak umur tiga tahun tidak dapat berbicara.

Kedatangan kami, disambut hangat oleh Rani dan Bapaknya, Denan serta sang kakak Sukenah yang setia mendapingi  sejak Rani sakit. Siang itu, Rani terlihat duduk di kasur busa yang sengaja ditempatkan di ruang tamu, yang sekaligus menjadi tempat Rani untuk tidur.

Satu persatu para awak media dan jajaran Humas Polres Cirebon disaksikan aparat pemerintah desa setempat yang juga  hadi,  bersalaman dengan orang yang ada di ruangan tersebut, termasuk dengan Rani. Tangan kiri Rani, dengan perlahan dan terlihat gemetar menyambut tangan kami. Gadis kecil itupun tersenyuman, namun tak mampu untuk berkata. Aparat Pemerintah Desa Getasan pun hadir menyaksikan penyerahan bantuan ini.

Keinginan Rani, kini telah terkabul atas kepedulian dari pihak Polres Cirebon dan Jurnalis Cirebon. Rani kini memiliki kursi roda dan buku-buku bacaan yang selama ini ia impikan, kursi roda dan buku bacaan itu akan menemani Rani, setiap saatnya, semoga Rani semangat dalam menerima ujian ini.

Sang Kakak, Sukenah (31) tak henti-hentinya mengucapkan terimakasih atas kepedualian Polres Cirebon dan Jurnalis Cirebon dengan memberikan kursi roda dan buku-buku bacaan ini. Menurutnya Rani sudah hampir empat bulan terakhir ini hanya terbaring di kasur busa karena tidak bisa berjalan.

Menurut medis Rani menderita penyakit paru-paru dan paru parunya dipenuhi cairan. Terlambat ditanggani medis mengakibatkan sebagian anggota tubuhnya mengalami lumpuh serta menyerang sarafnya. Sehingga ia pun tak bisa berbicara dan bergerak.

“Sebelum adik saya tak separah ini, ia sempat ngomong kalau ia ingin kursi roda agar tak selalu di kasur. Dan Alhamdulillah sekarang sudah ada yang baik hati memberikan Rani kursi roda dan banyak buku. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Polres Cirebon dan para wartawan yang sudah peduli,” ujar Sukenah sembari meneteskan air mata, Rabu (8/3).

Sukenah pun merasa sangat terbantu dengan pemberian untuk adiknya itu. Sebab kata dia, semenjak Rani mengidap penyakit tersebut, ketika hendak berjemur maupun ke kamar mandi dan lainnya, harus digendong oleh dirinya dan sang bapak.

Sejauh ini, keluarga Rani pun sudah berusaha berobat untuk kesembuhannya. Bahkan, selian rutin berobat ke RS Mitra Plumbon untuk sedikit demi sedikit mengurangi flek yang ada di dalam paru-aprunya, Rani juga rutin untuk terapi sarapnya yang sudah kena. Bahkan, karena ia tak bisa berbicara, ketika menginginkan sesuatu, hanya menunjuk dengan menggunakan tangan kirinya yang masih bisa bergerak.

Kapolres Cirebon, AKB, Risto Samodra menyampaikan, sedikit bantuan yang telah diberikan kepada Rani semoga mampu meringankan penderitaan Rani yang sudah lama mengalami sakit. Dengan apa yang dilakukan pihaknya bersama para jurnalis Cirebon, mampu menjadi penggerak bagi yang lain untuk ikut peduli kepada gadis malang tersebut.

“Jadi ini ranahnya kemanusiaan. Kebetulan dari Polres Cirebon dan rekan-rekan Jurnalis Cirebon sama-sama peduli terhadap hal semacam ini. Kepada Raninya, mudah-mudahan kepedulian ini menjadi pemicu untuk jadi lebih semangat dalam mengejar kesembuhan,” kata Risto.

Ia juga mengharapkan, semoga Rani pun cepat  sembuh dan terus semangat untuk dapat mengejar cita-citanya yang sempat tertunda.

“Cepat sembuh dan gapai cita-cita, aminnnn.*** (Enon/CNC)

Komentar Anda

komentar

BAGIKAN