Terkendala Sarana, SMP Swasta di Kabupaten Cirebon Tak Terapkan UNBK

0
164

SUMBER, (CNC).- Terbentur masalah sarana dan prasarana, seluruh SMP di Kabupaten Cirebon tidak ada yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2017 ini, dan dipastikan seluruh sekolah swasta hanya bisa menjalankan Ujian Nasional (UN).

Hal ini disampaikan oleh ketua Musyawarah Kerja Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Kabupaten Cirebon,   Muhammad Khubaedilah, saat dikonfirmasi awak media melalui saluran telponnya, Selasa (14/3).

“Sekolah menengah pertama (SMP) suwasta se-Kabupaten Cirebon, dipastikan tidak ada yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) karena banyak yang belum memenuhi persyarakat,” ujar Ubed yang juga sebagai kepala SMP Perintis Arjawinangun.

Dikatakan Ubed, pada pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMP akan berlangsung pada bulan mei tahun 2017 mendatang. Pada ujian yang akan diikuti sekolah SMP di seluruh Indonesia kususnya Kabupaten Cirebon masih banyak menerapkan system ujian tulis seperti biasanya kususnya di sekolah suwasta yang sudah dipastikan seratus persen belum ada yang mengikuti UNBK pada unjian nanti.

“Untuk tahun 2017 sekolah SMP swasta di Kabupaten Cirebon belum bisa melaksanakan UNBK. Banyak hal kata dia yang menyebabkan sekolahn swasta ini belum bisa menjalanan ujian yang berbasis komputer. Salah satunya terkait kapasitas sekolah tentang kelengkapan komputer serta jaringan internet yang mewadai,” katanya.

Ubed mengatakan, sebenarnya ada beberapa sekolah suwasta yang sudah memenuhi persyarakat untuk menggelar UNBK, tetapi karena kesiapan dari sekolah tersebut bisa dibilang terlambat, akhirnya sekolah itu juga belum mengikuti pada tahun ini. “Untuk tahun depan atau ujian selanjutnya, sekolah SMP suwasta kami yakin ada beberapa yang akan melaksnakan UNBK di Kabupaten Cirebon,” ungkapnya.

Khubaedilah juga berharap, sekolah-sekolah, baik Negeri maupun suwasta yang belum bisa melaksanakan UNBK bisa memperlajari proses ujian berbasis komputer yang dilaksnakan di beberapa sekolah SMP yang melaksanakan UNBK. “Agar ketika nanti melaksanakan UNBK tidak lagi bingung,” ucapnya. (Adk/CNC)

Komentar Anda

komentar

BAGIKAN